Game S60 v2


Senin, 06 Oktober 2014

soal beserta pembahasan bahasa indonesia



Soal Cerpen Beserta Jawaban SMA-SMK

1. Bacalah kutipan novel berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 1 dan 2!
(1) Sejurus lamanya timbul pikiran dan berkata ia dalam hati ”Baiklah kemalangan ini kuserahkan saja pada-Nya.” (2) Budi menyapu air mata adiknya sambil berkata, ”Diamlah Gus, jangan menangis. Ini aku bawakan nasi sebungkus.” (3) Agus menerima bungkusan lalu makanlah ia dalam gelap gulita itu. (4) Budi pun termenung dalam kegelapan malam.
Bukti nilai agama terdapat pada kalimat bernomor ....
A. (4)                          C.  (2)
B. (3)                          D.  (1)

KUNCI JAWABAN  : D
PEMBAHASAN                    :
Nilai kehidupan adalah nilai-nilai yang berkaitan dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai ini dapat berupa nilai budaya, agama, dan sosial. Nilai kehidupan yang berkaitan dengan keagamaan itu ditunjukkan dalam kalimat pertama.

Kata Kunci    : baiklah ... (kuserahkan saja pada-Nya)

2.      Indikator       : Mengidentifikasi perbedaan unsur intrinsik beberapa novel
Indikator Soal                                          : - menentukan salah satu watak totok novel tersebut
SOAL                                                          :
Watak tokoh Budi pada kutipan novel tersebut adalah ....
A.    pemalu                       C. penyayang
B.     peramah        D. pemarah

KUNCI JAWABAN  : C
PEMBAHASAN                    :
Watak adalah gambaran perilaku atau sikap tokoh dalam sebuah cerita yang berhubungan dengan sifat duniawi. Dengan mencermati dan menemukan kata-kata kunci yang mengarah pada sifat dan perilaku tokoh maka kita dapat menemukan watak tokoh dengan tepat.
Kata kunci                 : (2) diamlah Gus … (ini aku bawakan nasi)
  1. Bacalah kedua kutipan novel berikut dengan saksama!

Kutipan I
Bapak berwajah orang penting tadi berusaha tersenyum ramah.
”Ini anak saya, Flo,” katanya pelan-pelan. ”Dia sudah tidak ingin lagi sekolah di sekolah PN dan sudah membolos dua minggu. Dia bersikeras hanya ingin sekolah di sini.”
Kutipan II
”Aku sedang belajar, Bu. Doakan aku besok bisa, ya Bu!”
 Aku gugup menghadapi ujian pertamaku. Aku tidak ingin mengecewakan ibuku. Sudah saatnya aku belajar dengan kesadaran sendiri tanpa disuruh-suruh ibuku.
Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut adalah....

Kutipan I
Kutipan II
A
Tokoh yang terlihat banyak
Tokoh yang terlihat dua
B
Sudut pandang diaan
Sudut pandang akuan
C.
Latar tidak jelas
Latar jelas
D
Amanat jelas
Amanat tidak jelas

KUNCI JAWABAN  : B
PEMBAHASAN                    :
Perbedaan karakteristik novel adalah membedakan dua kutipan novel dari segi unsur instrinsik. Perbedaan itu dapat dilihat dari segi tema, tokoh, perwatakan, sudut pandang, latar, amanat, alur, penggunaan bahasa, dll.
Kata kunci                 : Pada kutipan I, pengarang menggunakan sudut pandang orang ketiga. Katanya… Dia..Dia... Pada kutipan II, pengarang menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama. Aku…Aku…ibuku..

4.      Bacalah kutipan drama berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 4 dan 5!
Kak Mimi    : (Sebelum pelajaran dimulai, Ketua OSIS masuk ke kelas VII)
                        Adik-adik, besok ada acara tukar makanan. Jadi, kalian semua harus bawa makanan sendiri-sendiri. Nantinya akan saling tukar.
Siswa : Hore….
Amir  : (sambil unjuk jari)
           Kak, makanannya misalnya apa?
Kak Mimi    : Oh, ya. Harus nasi lengkap dengan lauk dan sayuran.

Suasana yang tergambar pada drama tersebut adalah ....
A. gembira                C.  takut
B. tenang                               D.  seram

KUNCI JAWABAN  : A
5.      Suasana berhubungan dengan situasi yang tergambar pada kutipan drama tersebut. Suasana yang tergambar adalah tegang. Hal itu terbukti pada seluruh dialog percakapan dan petunjuk laku dalam kutipan drama tersebut.
Kata kunci                 : hore ....
Latar tempat kutipan drama tersebut adalah....
A. kantor                               C.  aula
B. kelas                                  D.  lapangan

KUNCI JAWABAN  : B

6.      Pengumuman itu mewujudkan keinginan Daffa yang tertunda sejak dua tahun yang lalu. Sabtu, 2 Januari 2011, namanya dimuat di salah satu majalah terkenal di kotanya sebagai juara I lomba mendongeng.

Berdasarkan ilustrasi tersebut, kalimat yang tepat untuk ditulis dalam buku harian adalah ...
A.   Sabtu, 2 Januari 2011. Berdasarkan hasil keputusan dewan juri, maka untuk juara I lomba mendongeng diraih oleh Daffa. Daffa sangat bangga dan bersyukur atas prestasinya.
B.   Sabtu, 2 Januari 2011. Aku dipanggil oleh panitia. Hari itu kegiatan lomba mendongeng. Aku harus segera menyiapkan diri karena setelah ini, aku harus mendongeng di depan juri.
C.   Sabtu, 2 Januari 2011. Dewan juri memutuskan bahwa juara I lomba mendongeng diraih oleh Daffa. Juara II dan III diraih Fajar dan Yona. Keduanya siswa luar biasa.
D.   Sabtu, 2 Januari 2011. Hari yang tak akan kulupakan. Sudah dua tahun aku menunggu saat seperti ini. Namaku tercantum sebagai juara I lomba mendongeng. Alhamdulillah.

KUNCI JAWABAN  : D
7.       
Juara
Nilai
Nama
I
888
Ahmad
II
875
Zazkia
III
830
Aminah

Laporan yang tepat berdasarkan data tersebut adalah ...
  1. Hasil lomba menulis cerpen, SMP Idaman tahun 2011 adalah sebagai berikut. Juara I nilai 888 diraih oleh Ahmad, juara II nilai 875 diraih oleh Zazkia dan juara III dengan dilai 830 diraih oleh Aminah.
  2. Secara berturut-turut hasil lomba menulis cerpen kelas SMP Idaman tahun 2011 yaitu  Ahmad  mendapat juara pertama,  juara kedua Aminah, dan juara ketiga Zazkia. Dengan jumlah perolehan nilai 888, 830, dan 875.
  3. Selama lomba menulis cerpen kelas SMP Idaman tahun 2011 dapat dilaporkan sebagai berikut. Aminah mendapat juara pertama, Zazkia juara kedua, dan Ahmad juara ketiga. Urutan nilainya adalah 888, 875, dan 830.
  4. Hasil lomba menulis cerpen kelas SMP Idaman tahun 2011 adalah sebagai berikut. Ahmad mendapat juara pertama dengan nilai 888, juara kedua Aminah dengan nilai 875, dan juara ketiga Zazkia dengan nilai 830.

KUNCI JAWABAN  : A
PEMBAHASAN                    :
Bahasa laporan menggunakan bahasa yang baku, singkat, dan jelas. Sesuai data dengan laporan.
  1.  (1) Kelompok kami bertugas mengamati kantin.
(2)   Di antara makanan itu adalah bakso, bubur, dan berbagai makanan goreng.
(3)   Pagi-pagi kami ditugasi guru bahasa Indonesia untuk melakukan pengamatan lingkungan sekolah.
(4)   Sungguh pembelajaran yang menyenangkan hari itu.
(5)   Hasil identifikasi tersebut kami presentasikan di depan kelompok lain.
(6)   Dalam kantin itu kami mengidentifikasi sejumlah makanan yang siap dijual.

Urutan kalimat tersebut yang tepat untuk laporan adalah ...
A.   (1), (2), (5), (6), (3), (4)
B.   (1), (3), (6), (4), (2), (5)
C.   (3), (1), (6), (2), (5), (4)
D.   (3), (1), (2), (4), (6), (5)

KUNCI JAWABAN  : C
PEMBAHASAN                    :
Menyusun kalimat tentang paragraf laporan perlu memperhatikan kohesi (kata penghubung, kata ganti, kata acuan) dan koherensi/kepaduan paragraf laporan. Laporan dapat disajikan berdasarkan kronologis waktu, kegiatan, dan tempat.




9.         Indikator                                                       : Menulis/menentukan slogan sesuai konteks
Indikator Soal                                            : Disajikan ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan slogan yang sesuai ilustrasi tersebut

SOAL                                                  :
Untuk mengawali tahun pelajaran, SMP Tunas membuat slogan. Slogan tersebut terutama ditujukan kepada peserta didik agar disiplin dalam melaksanakan kegatan di sekolah.
Slogan yang tepat untuk kegiatan tersebut adalah ...
A.                  Siswa Tunas harapan bangsa
B.                  Tahun ajaran baru buku baru
C.                  Datang tepat ciri siswa hebat
D.                  Mari datang tepat waktu!

KUNCI JAWABAN  : C
10.  Penangkapan ikan secara illegal mengancam stok perikanan nasional. Jika hal itu dibiarkan, akan merugikan nelayan tradisional. Akibatnya,  berdampak pada kemorosotan hasil tangkapan.

Pemerintah harus mengoptimalkan sumber daya perikanan. Jika hal itu dapat dilaksanakan, kerugian Negara 30 triliun dapat ditekan. Dengan demikian, pendapatan negara bisa dioptimalkan dan harga BBM bagi nelayan tidak perlu naik.
Rangkuman bacaan tersebut yang tepat adalah ...
  1. Kerugian nelayan tradisional terjadi akibat penangkapan ilegal. Akibatnya berdampak pada kemorosotan hasil tangkapan.
  2. BBM tidak perlu dinaikkan. Itu sebabnya pemerintah mengoptimalkan sumber daya perikanan dan sarana prasarananya.
  3. Penangkapan ikan ilegal dapat mengancam stok perikanan. Oleh karena itu, pemerintah harus mengoptimalkan sumber daya perikanan.
  4. Kerugian nelayan tradisional berdampak pada kemerosotan hasil tangkapan. Oleh karena itu, harga BBM tidak perlu naik.
KUNCI JAWABAN  : C
PEMBAHASAN                    :
Rangkuman adalah bentuk ringkas dari sebuah paragraf/wacana, tetapi tetap memuat informasi penting dari paragraf tersebut. Informasi tertuang dalam masing-masing paragraf berupa gagasan utama. Gagasan utama tersebut disusun secara runtut mempertahankan urutan teks asli.  

Kata kunci                : penangkapan ikan ilegal (paragraf pertama)…optimalkan sumber daya perikanan  (paragraf kedua)…
11.     Indikator                                                       : Menulis/melengkapi petunjuk melakukan sesuatu
Indikator Soal                                            : Disajikan petunjuk melakukan sesuatu yang beberapa kalimatnya dirumpangkan,  siswa dapat melengkapinya dengan tepat
SOAL                                                  :
Petunjuk Membuat Puding Srtowberi Segar
(1)   Sediakan 1 bungkus agar-agar rasa strowberi!
(2)   Agar-agar dicampur dengan air, kemudian dimasak sampai mendidih.
(3) […]
(4) Masukkan agar-agar yang telah mendidik sedikit demi sedikit ke dalam kocokan putih telur yang telah kaku sampai habis sambil diaduk rata.
(5) Ambil cetakan ukuran garis tengah 24cm tebal 3cm.
(6) […]
(7) Setelah dingin dikeluarkan dari cetakan, hiasi dengan strowberi segar dan siap dihidangkan.

Bagian rumpang pada petunjuk tersebut dapat dilengkapi dengan kalimat...
A.                (3) Cetak agar-agar dalam cetakan tadi lalu dinginkan.
(6) Masukkan ke lemari pendingin sampai mengeras.
B.                 (3) Sementara itu putih telur dikocok sampai kaku
(6) Cetak agar-agar dalam cetakan tadi lalu dinginkan.
C.     (3)  Sementara itu putih telur dikocok sampai kaku.
(6)  Masukkan ke lemari pendingin sampai mengeras.
D.    (3) Sementara itu masukkan ke cetakan.
(6) Bungkus agar-agar dengan plastic kecil-kecil sampai habis.

KUNCI JAWABAN  : B
PEMBAHASAN                    :
Petunjuk adalah ketentuan yang memberi arah atau bimbingan tentang cara melakukan sesuatu perbuatan atau tindakan. Melengkapi petunjuk dilakukan dengan cara mencermati kalimat petunjuk sebelum dan sesudah kalimat petunjuk yang dirumpangkan/kosongkan.
Kata kunci                 : ... (dinginkan)
12.     Indikator                                                       : Menulis/melengkapi teks pidato
Indikator Soal                                                 : Disajikan teks pidato yang dirumpangkan bagian penutupnya, siswa dapat melengkapinya dengan tepat
SOAL                                                  :
Teks Pidato
Hari ini, kita berkumpul dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-64 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Dengan memperingati HUT Kemerdekaan ini, berarti kita menikmati kebebasan dan kemerdekaan selama enam puluh empat tahun.
(…)

Bagian penutup pidato tersebut yang tepat adalah ...
  1. Akhir kalam, marilah kita sambut HUT Kemerdekaan kita yang ke-64 tahun ini dengan penuh kegembiraan dan dengan semangat yang tetap menyala.
  2. Demikian sambutan dari saya, semoga uraian saya bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf lahir dan batin, sekian terima kasih.
  3. Sebagai penutup, marilah kita panjatkan doa bersama-sama, mudah-mudahan Allah melimpahkan karunia bagi kita semua.
  4. Sekian pidato yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan HUT Kemerdekaan kita dapat kita peringati setiap saat.


KUNCI JAWABAN  : A
PEMBAHASAN                    :
Menulis/melengkapi pidato harus disesuaikan dengan ilustrasi. Cermati apakah pidato tersebut bagian pembuka, isi, atau penutup pidato. Cermati juga kata ganti yang digunakan.
Kata kunci                 : pembuka pidato (ucapan puji syukur dan terima kasih); isi pidato (inti yang disampaikan); penutup pidato (harapan, permohonan maaf)
13.  Indikator       : Menentukan unsur karya ilmiah (perumusan permasalahan karya ilmiah, saran karya ilmiah, daftar pustaka)
Indikator Soal                                        : Disajikan tema karya ilmiah, siswa dapat menentukan rumusan masalah karya ilmiah yang tepat berdasarkan tema

SOAL                                                  :
Tema: Upaya mempertahankan nilai Bahasa Indonesia

Rumusan masalah yang tepat sesuai tema tersebut adalah...
  1. Siapa yang mempertahankan nilai Bahasa Indonesia?
  2. Kapan nilai bahasa Indonesia perlu dipertahankan oleh siswa?
  3. Bagaimanakah upaya mempertahankan nilai Bahasa Indonesia?
  4. Apkah penyebab siswa mempertahankan nilai bahasa Indonseia?

KUNCI JAWABAN  : C
PEMBAHASAN                    :
Rumusan masalah berisi pertanyaan. Rumusan masalah cirinya singkat, jelas, dan terarah yang dikemukakan dalam ilmiah merupakan rangkaian pertanyaan yang diuraikan dari tema. Rumusan masalah tidak boleh keluar dari topik yang diteliti atau dibahas.
 Kata kunci                            : kata tanya yang digunakan adalah kata tanya yang memerlukan penjelasan, jawaban yang panjang dan mendetail. (bagaimana ... , apakah ...)
14.  Indikator       : Menentukan unsur karya ilmiah (perumusan permasalahan karya ilmiah, saran karya ilmiah, daftar pustaka)
Indikator Soal                            : Disajikan 2 data buku, siswa dapat menentukan penulisan daftar pustaka karya ilmiah tentang buku tersebut
        SOAL                                          :

      Data buku:
1.      Salah satu buku acuan dalam menulis karya ilmiah adalah bu berjudul Sengsara Membawa Nikmat karya oleh Tulis Sutan Sati. Buku ini diterbitkan oleh Balai Pustaka di Jakarta sampai beberapa kali terbit. Terbitan terakhir pada tahun 2004.
2.      Buku lain yang juga menjadi sumber penulisan karya ilmiah adalah Apresiasi Kesusastraan karya Jacob Sumardjo. Buku ini diterbitkan pada tahun 1994 oleh penerbit Gramedia di Jakarta

Penulisan daftar pustaka berdasarkan dua sumber tersebut adalah ....
A.   Sati, Tulis Sutan. 2004. Sengsara Membawa Nikmat. Jakarta: Balai Pustaka.
Sumardjo, Jacob. 1994. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.
B.   Sumardjo, Jacob. 1994. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.
Sati, Tulis Sutan. 2004. Sengsara Membawa Nikmat. Jakarta: Balai Pustaka.
C.   Tulis, Sutan Sati. Sengsara Membawa Nikmat. Jakarta: Balai Pustaka, 2004..
Sumardjo, Jacob. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia,1994.
D.   Sati, Tulis Sutan. Sengsara Membawa Nikmat. 2004.Jakarta: Balai Pustaka.
Sumardjo, Jacob. Apresiasi Kesusastraan. 1994.Jakarta: Gramedia.

KUNCI JAWABAN  : A
15.  Indikator                               : Menulis/melengkapi puisi
Indikator Soal                      : Disajikan puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat melengkapi puisi dengan larik bermajas

Soal                            :
Angin yang nakal
[…]
 Dari arah laut
 Butiran pasir berhamburan
 Bak kabut di udara
    
      Larik bermajas untuk melengkapi puisi tersebut  adalah ....
A.   Menyambut rambut ikalmu
B.   Asinnya air laut
C.   Pasir putih di pantai
D.   Mentari merah merona

KUNCI JAWABAN  : A
PEMBAHASAN                    :
Melengkapi puisi dengan larik bermajas, cari larik yang mengandung makna kias.
Kata kunci                 : menyapu rambut .... (subjeknya:  angin; predikat: menyapu --- majas personifikasi)
  1. Kuingin kau berbohong padaku. Seperti yang kau utarakan kemarin, dan yang kemarin dulu itu. Ketika mentari meredup berpendar di pucuk daun sebelah barat rumah dan ketika kerumunan itu tak lagi bersamamu, kau mulai dengan kisah kebohonganmu yang pertama kepadaku.
    Bukti bahwa kutipan cerpen tersebut berlatar waktu sore adalah.…
    A. Mentari meredup
    B. Mentari di sebelah barat
    C. Ketika kerumunan tidak bersama
    D. Kebohongan yang disampaikan tokoh kamu

    KUNCI JAWABAN : B
    PEMBAHASAN :
    Latar selalu berhubungan dengan tempat dan waktu. Temukan kata kunci yang merujuk pada waktu menjadi bukti latar pada kutipan drama tersebut. Kata kunci pada kutipan tersebut adalah mentari di sebelah barat.
    Kata kunci : mentari meredup…( di sebelah barat)…
  2. (1)"Apakah peranku bagimu, silumankah aku?" tak ada jawabmu, hanya angin berdesir di sekeliling kita. (2)Bulan pucat tak bisa menyembunyikan senyumanmu demi melihat kerutan di dahiku. (3)Biarlah menjadi rahasia alam akan apa yang kita rasakan ini. (4)Jangan lagi memaknainya, menanyakannya atau mengharapkannya esok hari.

    Bukti bahwa kutipan cerpen tersebut berlatar malam hari terdapat pada nomor ….
    A. (1)
    B. (2)
    C. (3)
    D. (4)

    Kunci Jawaban : B
    Pembahasan : Latar selalu berhubungan dengan tempat, waktu, dan suasana. Temukan kata kunci yang merujuk pada waktu menjadi bukti latar pada kutipan drama tersebut. Kata kunci pada kutipan tersebut adalah mentari di sebelah barat.
    Kata kunci: Bulan ....

  1. Indikator Soal : Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan bukti latar tempat pada kutipan cerpen tersebut

Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama

Dengan memberanikan diri, aku pun bertanya, "Apa Ibu kenal dengan seorang anak bernama Eric yang dulu tinggal di sana itu?" Ia menjawab, "Silakan masuk, Nyonya! Kalau Anda ibunya Eric, sungguh Anda tak punya hati!”. Ia membuka pintu tempat tinggalnya. (1)
"Tolong katakan, di mana ia sekarang? Saya janji menyayanginya dan tidak akan meninggalkannya lagi!” (2)
Aku berlari memeluk tubuhnya yang bergetar keras. "Nyonya, semua sudah terlambat. Sehari sebelum nyonya datang, Eric telah meninggal dunia. Jasadnya ditemukan di kolong jembatan,” jawabnya dengan suara terbata-bata. (3)
”Eric... maafkan Ibu, Nak!” Aku sungguh menyesal, mengapa anakku Eric, dulu kutinggalkan. (4)
Bukti latar tempat pada kutipan cerita tersebut ditandai nomor ...
A. (1) C. (3)
B. (2) D. (4)

KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN : Latar merupakan tempat, waktu, dan atau suasana peristiwa cerita terjadi. Untuk menemukan latar perlu mencermati kata yang meujuknya.

Kata kunci (yang dirujuk): … membuka pintu …(latar tempat)
  1. Indikator Soal : Disajikan sebuah kutipan cerpen, siswa dapat menentukan bukti latar waktu dalam cerpen tersebut
    Soal :
    Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 18 s.d. 20!

    Seperti teman-temannya yang lain, sebenarnya Andi ingin sekali memberi hadiah untuk Tommy, tetapi ia tidak enak hati meminta uang pada ibunya. Apalagi, ibu hanya diam ketika ia menyodorkan undangan pesta ulang tahun Tommy kemarin. Saat itu, ibu sedang duduk-duduk di beranda sambil memandangi matahari yang mulai tenggelam. Diamnya ibu, pertanda ibu belum punya uang untuk membeli hadiah. Andi sadar, sejak ayahnya meninggal tiga tahun yang lalu, ia dan ibunya memang harus hidup hemat.
    ”Ah masa iya aku tak bisa memberi hadiah untuk Tommy temanku?” gumam Andi seraya bangkit dari tempat tidur pembaringan. Ia beranjak menuju meja belajarnya. Dimatikannya lampu tidurnya dan digantinya dengan lampu belajar. Ia mengambil secarik kertas, pensil, dan spidol warna-warni. Tangannya mulai mencorat-coret. Kini, ada senyum menghiasi bibirnya, “Besok pagi, aku sudah punya hadiah untuk Tommy.”

    Bukti bahwa peristiwa tersebut terjadi pada malam hari adalah ....
    A. kalimat pertama pada paragraf pertama
    B. Kalimat kedua pada paragraph pertama
    C. Kalimat ketiga pada paragraf kedua.
    D. Kalimat keempat pada paragraf kedua

    Kunci Jawaban : C

    Pembahasan :
    Bukti bahwa latar cerita pada malam hari: Dimatikannya lampu tidurnya dan digantinya dengan lampu belajar

  1. Indikator Soal : menentukan amanat yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut
SOAL :
Amanat yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. Kita harus menyesuaikan diri di mana pun berada.
B. Pikir dulu sebelum bertindak, sesal kemudian tidak berguna.
C. Tidak ada kata terlambat untuk memaafkan.
D. Kita harus menghormati ibu yang telah melahirkan.

KUNCI JAWABAN : B
PEMBAHASAN :
Kalimat yang dirujuk menggambarkan Seorang ibu menyesal telah menelantarkan anaknya, tetapi yang telah terjadi, tak dapat terulang kembali.
  1. Indikator Soal : Disajikan sebuah kutipan cerpen, siswa dapat menentukan amanat kutipan cerpen tersebut
    Soal :
    Amanat yang terdapat pada cerpen tersebut adalah ...
    A. Jangan menyusahkan orang tua hanya karena ingin memberi hadiah teman!
    B. Usahakan selalu memberi hadiah kepada teman orang tua!
    C. Temanilah ibumu saat duduk-duduk di beranda!
    D. Matikan lampu jika sudah tidak diperlukan!

    Kunci Jawaban : A
    Pembahasan :
    Amanat sama maknanya dengan pesan, yakni ajaran yang hendak disampaikan pengarang kepada pembaca melalui karyanya. Keberadaan amanat pada umumnya tersirat, tetapi ada juga tersurat.
    Amanat yang terdapat pada cerpen tersebut adalah jangan menyusahkan orang tua hanya karena ingin memberi hadiah teman.
  2. Indikator Soal : Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan bukti perwatakan tokoh cerpen tersebut

SOAL :
(1) Boleh jadi, itu sikap angkuhnya seorang yang sukses dan kaya menghadapi pemuda kere macam aku. (2) Sebagai pimpinan sebuah bank papan atas di negeri ini, mungkin dia tak rela hati anak gadisnya kupacari. (3) Jadi, amat wajar dia kelihatan tidak suka terhadapku. (4) Apalagi tampangku tidak keren kayak aktor Nicholas Saputra, sementara wajah Mawar memang cakep. (5) Kamu sendiri bilang, Mawar mirip Dian Sastro dengan bodi semampai macam Luna Maya (padahal menurutku, Mawar lebih mirip penyanyi kesukaanmu, Mulan Jamila).

Bukti bahwa watak tokoh ‘dia’ pada kutipan cepen tersebut sombong terletak pada kalimat bernomor .…
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)

KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN : Watak adalah gambaran perilaku atau sikap tokoh dalam sebuah cerita yang berhubungan dengan sifat duniawi. Watak tersebut tergambar pada kalimat-kalimat yang mengacu pada karakteristik tokoh menjadi bukti watak tokoh pada teks tersebut.
Kata kunci : (1) boleh jadi…(sikap angkuhnya)… (2) Sebagai pimpinan…( dia tak rela hati anak gadisnya kupacari)
  1. Indikator Soal : Disajikan sebuah kutipan cerpen, siswa dapat menentukan bukti watak tokoh cerpen tersebut
    Soal :

    Ku tak mungkin jatuh cinta kan? Tidak sekarang, tidak denganmu. Pesonamu menjeratku tapi aku tak kan membiarkan diriku jatuh cinta kepadamu. Tak kan pernah kupercaya segala tuturmu kepadaku, dan ku akan selalu menganggap bohong apa pun yang kau ucapkan kepadaku sejak itu, termasuk yang itu ... yang dua kali kau sampaikan padaku. Sampai kapan pun kau merayuku, aku tak akan pernah lagi percaya padamu. Kebohongan-kebohonganmu telah merusak cintaku.
    Bukti bahwa watak tokoh kamu pembohong dapat diketahui melalui ….
    A. Tingkah laku tokoh kamu
    B. Tingkah laku tokoh aku
    C. Dialog tokoh kamu
    D. Dialog tokoh aku

    Kunci Jawaban : D
    Pembahasan : Watak adalah gambaran perilaku atau sikap tokoh dalam sebuah cerita yang berhubungan dengan sifat duniawi. Watak tersebut tergambar pada kalimat-kalimat yang mengacu pada karakteristik tokoh menjadi bukti watak tokoh pada teks tersebut.
    Kata kunci: (1) ... ku akan selalu menganggap bohong apa pun yang kau ucapkan .... (2) Kebohongan-kebohonganmu telah merusak cintaku.


    Bacalah dengan saksama!
    Di Kantor Pos
    Oleh: Muhammad Ali
    “Tadi agaknya telah terjadi suatu kekeliruan ketika Nona membayarkan uang pos wesel kepada saya, sebab ….”
    “Mana bias keliru?” si pegawai menyela dengan cepat.
    “Seharusnya saya terima tiga ratus rupiah, bukan? Kalau tak salah, sekian itulah angka yang tertulis dalam pos wesel saya.”
    “Coba saya liat dulu, Saya masih ingat nomor pos wesel Saudara.” Si pegawai lalu memeriksa salah satu lajur dalam daftar yang terkembang di hadapannya, kemudian katanya,”Nah ini, wesel nomor satu empat tujuh dengan tanda C. Jumlah uang:tiga ratus rupiah. Apa yang keliru? Bukankah tadi Saudara terima dari saya tiga ratus rupiah?”
    “Tidak,”jawab laki-laki itu.” Nona tadi memberikan kepada saya bukan tiga lembar kertas ratusan, tapi empat lembar. Jadi, empat ratus rupiah yang saya terima tadi.”
    “Oh,, kalau begitu saya keliru. Benar-benar keliru,” kata si pegawai akhirnya dengan kemalu-maluan.”Maklum banyak kerja. Lagi pula lembaran-lembaran uang itu masih baru hingga mudah saja terlengket karenanya. Jadi, Saudara mau kembalikan uang yang seratus rupiah kepada saya, sekarang?”
    “Betul, Saya akan mengembalikannya kepada Nyonya ….”
    “Nona!” sela si pegawai cepat.
  2. Kutipan cerpen tersebut bertema ….
    a. Keberanian pegawai mengakui kekeliruan.
    b. Kehati-hatian pegawai terhadap seseorang.
    c. Kejujuran seseorang dalam hidup.
    d. Kebaikan seseorang terhadap pegawai pos.
  3. Sudut pandang yang digunakan pengarang pada kutipan cerpen tersebut adalah …
    a. Orang ketiga sebagai pengamat
    b. Orang pertama tokoh utama
    c. Orang campuran
    d. Orang ketiga manatahu
  4. Parjimin adalah tukang batu, tetangga Kurdi. Lumayan bagi mereka, mendapat proyek baru. Rupanya, proyek rumah gedong itulah yang selalu diperbincangkan Kurdi disetiap kesempatan. Di tempat perhelatan nikah, supitan, di tempat kerja bakti, sarasehan kampung, sampai ronda malam. Dia senantiasa tidak lupa menceritakan rencananya membangun rumah gedungnya itu.
    Berdasarkan kutipan cerpen tersebut, Kurdi bersifat …
    a. pemberani
    b. baik
    c. egois
    d. sombong
  5. Indikator                               : Menulis/melengkapi puisi
Indikator Soal                      : Disajikan puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat melengkapi puisi pilihan kata yang tepat

Soal                            :
Kapal laut
Lihatlah sebuah titik
Di tengah laut nan jauh
Titik itu terus menggelinding
Kuat tiada ....
Walau diterjang ombak diterpa angin

Kata yang tepat untuk melengkapi kutipan puisi tersebut agar berima sama dengan baris
sebelumnya adalah ....
A.    gentar
B.     berkelit
C.     menjauh
D.    bergeming
KUNCI JAWABAN  : D
PEMBAHASAN                    :
Melengkapi puisi dengan pilihan kata yang berima. Rima = persamaan bunyi.
Kata kunci                 : menggelinding rima sama dengan bergemimg
  1. Indikator                               : Menulis/melengkapi naskah drama
Indikator Soal                      : Disajikan naskah drama rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan dialog yang tepat

Soal                            :
(1)  Herman            : (jadi geli dan ketawa senang) ... Bagaimana sih, kau ini? Jalan sudah cukup
peringatanmu, yang aku maksud dengan perkataanku tadi ialah di mana aku dapat membantumu, di sekolahmu, atau di perpustakaan kota ...
(2)  Wiji                   : Di rumahku saja tidak usah jauh-jauh.
(3)  Herman            : [...] (rasa takut) di rumahmu, aku takut.
(4)  Wiji                   : Takut? Mengapa takut? Oh,... ya rumahku jelek, tak ada TV-nya, minumnya
air sumur banyak kutunya lagi... ya sudah (berlalu)
(5)  Herman            : Hee, tunggu dulu, kau ini bagaimana sih, kok mudah ngambek ... aku
maksudkan di sekolah atau di perpustakaan kota karena aku takut ayahmu.
(6)  Wiji                   : (ketawa riang) ... Hiiih, Herman, kau ini pemuda apa sih, bertamu ke rumah
orang kok takut?
Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog nomor 3 tersebut adalah ....
A.    Wah, saya setuju
B.     Ja,...ja,.. .jangan
  1. Tapi sebentar saja
  2. Oh, sepertinya cocok

KUNCI JAWABAN  : B
PEMBAHASAN                    :
Melengkapi drama mengacu pada dialog sebelumnya dan petunjuk lakuan yang ada di dalam kurung.
Kata kunci: ... (rasa takut); rumuahku ... (dialog kedua); rumahmu (dialog  ketiga)
29.   Cermati paragraf rumpang berikut ini!
Seberapa penting dan menentukankah pelemahan nilai tukar rupiah terhadap kehidupan masyarakat? ……….berlebihan kalau kita katakan………..pengaruh itu tidak ada. Pelemahan nilai tukar yang terus terjadi menimbulkan efek psikologis yang tidak baik. Apalagi, masyarakat pernah merasakan pengalaman pahit…………nilai terpuruk sehingga mengakibatkan barang-barang menghilang dari pasaran. ………….ada, harganya tidak terjangkau lagi.
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah…
a. Tentu saja, kalau, begitu, barangkali
b. Tentunya, bahwa, ketika, kalau
c. Namun, bahwa, begitu, bahkan
d. Namun, ketika, begitu, barangkali
e. Oleh karena itu, seandainya, selama, ketika
JAWABAN : B
30.   Penulisan kata bergaris bawah berikut ini yang tidak tepat terdapat pada
kalimat….
A. Warga komplek membangun gedung pertemuan secara swadaya.
B. Pada saat pasca panen, harga gabah sering melorot. x
C. Setiap bus antarpropinsi harus dalam kondisi laik jalan.
D. Banyak pelajar melakukan kerja sosial untuk mengisi liburan.
E. Para tunawisma di jembatan lama akan ditertibkan.
JAWABAN : B
31.   Bacalah kutipan cerpen berikut!
”Aku tidak percaya! Aku tidak percaya, jika hanya oleh melompat-lompat dan berkejaran semalaman penuh. Aku tidak percaya itu. Aku mulai percaya desas-desus itu bahwa kau orang yang tamak. Orang yang kikir. Penghisap. Lintah darat. Inilah ganjarannya! Aku mulai percaya desas-desus itu, tentang dukun-dukun yang mengilui luka sunatan anak-anak kita. Aku mulai yakin bahwa itu karena kesombonganmu, kekikiranmu, angkuhmu, dan tak mau tahu dengan mereka. Aku yakin, mereka menaruh racun di pisau dukun-dukun itu.”
(”Panggilan Rasul”, Hamsad Rangkuti)
Pendeskripsian watak tokoh ”aku” yang digunakan pengarang dalam kutipan cerpen di atas adalah….
A. menguraikan watak tokoh
B. tanggapan tokoh lain
C. dialog antar tokoh
D. melalui pikiran tokoh
E. lingkungan sekitar tokoh

JAWABAN : D
32.   Bacalah wacana berikut dengan saksama!
Naiknya harga minyak dunia membuat pemerintah Indonesia dalam posisi sulit. Jika tidak mengikuti kenaikan harga minyak dunia tersebut, yaitu dengan menaikkan harga BBM dalam negeri, perekonomian Indonesia akan hancur. Sebaliknya, apabila menaikkan harga BBM, masyarakat menengah ke bawah akan mengalami kesulitan hidup. Akhirnya, pemerintah mengambil langkah berani, yaitu menaikkan harga BBM dengan memberikan kompensasi berupa subsidi langsung kepada masyarakat kecil.
Isi paragraf di atas seperti diungkapkan oleh peribahasa…
a. Malang tak boleh ditolak, mujur tak boleh diraih.
b. Bagaikan makan buah simalakama, dimakan ibu mati, tidak dimakan bapak mati.
c. Memakan hendak kentang, membeli hendak ubi.
d. Ingin buah manggis di hutan, masak ranum tergantung tinggi.
e. Mati anak berkalang bapak, mati bapak berkalang anak.

JAWABAN : B
33.   Bacalah Paragraf berikut dengan saksama!
Dalam suasana hening, hasil belajar akan menjadi maksimal. Itulah alasan mengapa lokasi dan ruang belajar di desain sedemikian rupa. Asrama yang dihuni oleh banyak siswa diusahakan jauh dari kebisingan lalu lintas. Lapangan basket dan tempat bermain tenes meja dijauhkan dari ruang-ruang kelas. Waktu menonton televisi bagi penghuni asrama juga diatur. Tamu atau masyarakat luar asrama dibatasi. Motor dan mobil tidak diizinkan masuk asrama pada pagi hari. Dan siswa tidak diizinkan makan pagi lewat pukul 7.30 WIB.
Kalimat tidak padu yang terdapat pada paragraf diatas adalah kalimat nomor …
a. Asrama yang dihuni oleh banyak siswa diusahakan jauh dari kebisingan lalu lintas.
b. Siswa tidak diizinkan makan pagi lewat pukul 7.30 WIB.
c. Waktu menonton televisi bagi penghuni asrama juga diatur.
d. Motor dan mobil tidak diizinkan masuk asrama pada pagi hari.
e. Itulah alasan mengapa lokasi dan ruang belajar di desain sedemikian rupa.
JAWABAN : B
34.   (1) Dapat pula dikemukakan bahwa dalam paragraf yang kohesif tidak terdapat
kalimat yang saling bertentangan. (2) Kohesif bermakna kepaduan. (3) Paragraf yang kohesif adalah paragraf yang hubungan antar kalimatnya padu atau berjalinan erat. (4) Kepaduan itu ditandai dengan terciptanya saling mendukung antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lainnya. (5) Lebih jelas lagi dapat dikatakan bahwa paragaraf yang kohesif ditandai dengan tidak terjadinya saling mengingkari antara kalimat satu dengan kalimat lainnya.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi paragraf yang padu apabila disusun dengan
urutan…
a. (2), (3), (5), (4), (1)
b. (1), (3), (5), (4), (2)
c. (5), (3), (2), (4), (1)
d. (2), (4), (5), (3), (1)
e. (2), (3), (4), (5), (1)
JAWABAN : E
35.   Perhatikan ilustrasi berikut!
Seiring dengan semakin meningkatnya minat anak lulusan SMU melanjutkan ke perguruan tinggi tanpa disertai tempat penampungan lulusan perguruan tinggi yang memadai, maka jauh-jauh hari para orang tua serta para pendidik berusaha memberi bekal atau pengarahan kepada para pelajar SMA.
Kalimat pembuka pidato pengarahan yang paling tepat untuk ilustrasi di atas adalah ….
a. Untuk menjaga supaya begitu lulus dari perguruan tinggi para siswa tidak hanya menjadi sarjana pengangguran, maka pada kesempatan ini saya selaku kepala sekolah akan memberi pengarahan.
b. Selamat datang kami ucapkan atas kedatangan anak-anak pada kesempatan ini.
c. Anak-anak sekalian, pada kesempatan ini Bapak akan memberi pengarahan tentang perlunya pertimbangan antara pemilihan jurusan di perguruan tinggi dengan lapangan kerja yang memungkinkan.
d. Acara ini kami awali dengan pembacaan do’a.
e. Pada kesempatan ini para siswa disuruh berkumpul di sini bersama-sama.

JAWABAN : C
36.   Bacalah cuplikan artikel berikut ini!
Penderita kelainan katup jantung saat ini bisa semakin lega. Bila selama ini mereka hanya mempunyai beberapa pilihan untuk memperbaiki katup jantungnya, seperti dengan katup jantung mekanis dan katup jantung biologis dari hewan mamalia, kini ada tawaran baru, yaitu katup jantung dari jaringan tubuh pasien itu sendiri.
Alternatif yang baru diperkenalkan di Indonesia itu adalah bedah katup jantung dengan katup jantung biologis, yang diambil dari jaringan tubuh penderita sendiri atau perikardium otograf. Katup ini berfungsi seperti katup aslinya. Penanganan dengan cara ini terbukti dapat menekan tingkat kematian yang tergolong tinggi. Penggunaan katup biologis otograf tingkat mortalitasnya di bawah satu persen.
Pakar bidang jantung dari AS, Carlos Mg Duran yang juga penemu cincin rekonstruksi katup jantung memperkenalkan hal tersebut dalam jumpa pers pada forum diskusi ilmiah ”Indonesia pada Kelainan Katup Jantung” di RS Jantung Harapan Kita, Jakarta.
(Kompas, 16 September 2000)
Cuplikan artikel di atas jika diringkas menjadi…
a. Penderita kelainan katup jantung lega dengan ditemukannya katup jantung dengan katup biologis yang diambil dari jaringan tubuh penderita sendiri.
b. Carlos Mg Duran di Jakarta mengenalkan bedah jantung terbaru dengan menggunakan teknik perikardium otograf yang memiliki tingkat keberhasilan tinggi.
c. Penderita penyakit jantung lega dengan ditemukannya bedah katup jantung biologis yang diambil dari jaringan tubuh penderita sendiri yang terbukti dapat menekan kematian. Penemunya Carlos Mg Duran dari AS.
d. Pakar bedah jantung dari AS memperkenalkan bedah jantung dengan dengan teknik katup biologis yang diambil dari jaringan tubuh penderita sendiri di RS Jantung Harapan Kita, Jakarta.
e. Harapan hidup penderita penyakit jantung di Indonesia semakin tinggi dengan ditemukannya bedah jantung yang menggunakan teknik perikardium otograf.

JAWABAN : C
37.   Perhatikan paragraf rumpang berikut ini!
(1) Sejak Operasi Halilintar itu, polisi Irak juga berjaga-jaga di jalanan, baik siang maupun malam. (2)… (3) Karena itulah Operasi Halilintar ini kurang mendapat simpati di kalangan Sunni Arab. (4) Pasalnya, yang kerap diperiksa dan digeledah rumahnya adalah kaum Sunni Arab. (5) Banyak warga yang mengaku bahwa pasukan Irak atau pun AS kerap menangkap warga yang tidak bersalah.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang agar menjadi paragraf yang lengkap dan padu adalah…
a. Polisi Irak dalam tugasnya berpakaian sipil, namun bersenjata.
b. Pos-pos pemeriksaan pun kini berada di hampir setiap jalan masuk ke kota.
c. Mereka bersenjata, lengkap dengan rompi antipelurunya.
d. Amerika pun tidak tinggal diam membantu polisi Irak tersebut.
e. Banyak yang tidak tahu, apa yang terjadi di Irak.
JAWABAN : B
38.   Perhatikan silogisme berikut ini!
PU = …
PK = Polisi adalah aparat keamanan
K = Polisi melindungi masyarakat
Premis umum yang tepat untuk penalaran di atas adalah …
a. Seluruh aparat keamanan melindungi masyarakat.
b. Semua polisi pengayom masyarakat.
c. Setiap abdi masyarakat melindungi masyarakat.
d. Semua polisi harus melindungi masyarakat.
e. Semua aparat keamanan selalu berbuat baik pada masyarakat.

JAWABAN : A
39.   Bacalah kutipan drama berikut!
Van Dijk : Tadi kan bilang, bahwa isrimu cantik, bukan? Cantik sekali dan kau
cinta sekali kepadanya?
Pedagang : yyya
Van Dijk : Kau juga mengatakan padaku bahwa kau lebih cinta kepadanya
daripada nyawamu sendiri.
Masih ingat?
Pedagang : Ya….!
Van Dijk : Baik…..baik, nyawamu akan kuselamatkan, asal istrimu kau serahkan
padaku…..
Bagaimana………..setuju?
Pedagang : Setuju major, setuju.
Van Dijk : Tadi kau bilang kalau istrimu tak bisa dibeli; kini kau berikan untuk
membeli nyawamu. Begitu mudah, begitu enteng!

(Bunga-bunga Bangsa, Emil Sanosa)
Dialog pada kutipan drama di atas yang mendukung watak tokoh Van Dijk yang jahat dan licik terdapat pada nomor…………….
a. 1, 2, 5                                    d. 6, 3, 7
b. 3, 5, 6                                   e. 3, 5, 7
c. 4, 5, 7

JAWABAN : E
40.   Dusun Bone-Bone di Enrekang, 5 jam berkendaraan mobil dari Makasar, Sulawesi
Selatan lebih hebat lagi. Kepala Dusun berpenduduk 542 jiwa ini berinisiatif
menjadikan seluruh bagian dusunnya sebagai kawasan tidak merokok. Inisiatif ini
dipicu oleh adanya warga dusun yang pulang kampung karena sakit paru-paru
kronis yang diakibatkan menghirup asap rokok ditempat kerjanya. Pertanyaan yang
menggelayuti Pak Idris saat itu,”Kalau perokok pasif saja bisa terkena penyakit,
apalagi yang merokok, ya?” Maka ditetakanlah aturan untuk tidak merokok di Bone-
Bone. Untuk secara langsung menyampaikan terima kasih atas partisipasi
mandirinya menyehatkan masyarakat,Depkes mengundang Kepala Dusun Bone-Bone
untuk menerima peghargaan di Jakarta.
Jika kita menyusun pertanyaan atas wacana artikel di atas, maka kalimat pertanyaan yang paling tepat adalah…
a. Dari manakah asal kepala dusun Bone-Bone hingga berinisiatif menjadikan seluruh bagian dusunnya sebagai kawasan tidak merokok?
b. Apa yang mendasari kepala dusun Bone-Bone berinisiatif menjadikan seluruh bagian dusunnya sebagai kawasan tidak merokok?
c. Dimanakah warga dusun yang pulang kampung karena sakit paru-paru kronis yang diakibatkan menghirup asap rokok bekerja?
d. Seapakah orang dari Depkes yang secara langsung menyampaikan terima kasih kepada Pak Idris atas partisipasi mandirinya menyehatkan masyarakat Dusun Bone-Bone?
e. Setujukah Departemen kesehatan dengan inisiatif Pak Idris memberlakukan larangan warganya untuk tidak merokok?

JAWABAN : B
41.  Bacalah surat undangan berikut ini!
Yth. Saudara Bambang Sukadi
Jalan Sidobali 25
Kota Gede, Yogyakarta

hari : Senin
tanggal : 20 Agustus 2004
waktu : pukul 08.30 sampai selesai
tempat : ruang sidang SMA Pertiwi
Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian saudara.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian pembuka surat di atas adalah …
a. Bersama surat ini kami mengundang Saudara untuk menghadiri rapat pada
b. Dengan surat ini kami mengundang Saudara untuk menghadiri rapat pada
c. Kami mengundang Saudara untuk menghadiri rapat pada
d. Kami mengundang Saudara hadir untuk rapat
e. Saya mengundang Saudara untuk menghadiri rapat pada
JAWABAN : B
42.   Bacalah penggalan pidato di bawah ini dengan saksama!
Dalam proses komunikasi saya dengan seluruh rakyat Indonesia, baik melalui surat, telepon, maupun SMS, masih sering dirasakan adanya pelayanan yang kurang baik kepada rakyat. Oleh karena itu, mari kita tingkatkan kualitas pelayanan dengan penuh ketulusan, kasih sayang, dan rasa tanggung jawab.
(Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pada acara HUT ke-59 Bhayangkara)
Penggalan pidato tersebut bertujuan…
a.Mengecam kinerja POLRI yang kurang baik.
b.Memberitahukan kepada rakyat agar menggunakan SMS, surat, maupun telepon dalam berkomunikasi dengan presiden.
c.Mengimbau agar POLRI meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dengan penuh tanggung jawab.
d.Menenangkan hati rakyat dengan cara mengadakan komunikasi melalui surat, telepon, maupun SMS.
e.Mendorong masyarakat agar membantu POLRI dalam meningkatkan kualitas pelayanan.
JAWABAN : C
43.  Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Produksi padi tahun 2005 diperkirakan mencapai 53,01 juta ton gabah kering giling atau turun dua persen dibandingkan dengan produksi tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan adanya penurunan luas panen padi sawah akibat bencana banjir dan kekeringan, serta pergeseran waktu tanam pada empat bulan pertama di tahun 2005.
Gagasan utama paragraf di atas adalah…
a. Produksi padi tahun 2005 diperkirakan menurun.
b. Produksi padi tahun 2005 diperkirakan mencapai 53,01 juta ton gabah kering atau turun dua persen dari sebelumnya.
c. Adanya penyebab turunnya produksi padi, yaitu banjir dan kekeringan.
d. Produksi padi tahun 2005 lebih jelek dibandingkan tahun sebelumnya.
e. Produksi padi tahun 2005 turun akibat banjir, kekeringan, dan pergeseran waktu tanam.
JAWABAN : A
44.  Mereka selalu saja bermusuhan tidak pernah rukun. Sekarang mereka harus
menanggung segala akibat dari perbuatannya. Gurindam yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah….
a. Kurang pikir kurang siasat, tentu kelak dirimu tersesat.
b. Siapa menggemari silang-sengketa, kelaknya pasti berdukacita.
c. Membuat perkara amatlah mudah, jika terjadi timbullah gundah.
d. Fikir dahulu sebelum berkata, supaya terelak silang-sengketa.
e. Kalau diri kena perkara, turut susah sanak saudara.
JAWABAN : B
45.   Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Menurut hasil penelitian mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), daging ayam yang dijual pasaran di Jakarta, sebanyak 43% mengandung formalin, yaitu senyawa kimia yang mengandung zat karsiogenik. Zat ini ternyata dapat memicu penyakit kanker di dalam tubuh. Karena itu, para konsumen yang setiap hari belanja daging ayam, baik di pasar tradisional maupun modern agar waspada. Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah…
a. Kapan para mahasiswa IPB mengadakan penelitian daging ayam yang mengandung zat karsiogenik?
b. Berapa orang mahasiswa yang melakukan penelitian terhadap daging ayam?
c. Apa tindak lanjut hasil penelitian mahasiswa IPB terhadap daging ayam?
d. Apa hasil penelitian mahasiswa IPB terhadap daging ayam yang dijual di pasar tersebut?
e. Mengapa para mahasiswa IPB melakukan penelitian terhadap daging ayam yang di jual pasar itu?
JAWABAN : D
46.    Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Industri kimia dan petrokimia, industri pulp dan kertas, serta industri baja menggunakan minyak bumi sebgai bahan bakar utama untuk menggerakkan mesin-mesin pabrik. Demikian juga halnya alat transportasi laut, darat, dan udara, juga menggunakan minyak bumi sebagai bahan bakar utamanya. Simpulan umum paragraf di atas adalah…
a. Minyak bumi sebagai bahan bakar berbagai industri.
b. Gas bumi dan batubara merupakan sumber energi yang penting.
c. Alat transportasi menggunakan minyak bumi sebagai bahan bakar utama.
d. Minyak bumi merupakan bahan bakar utama untuk berbagai macam industri dan alat transportasi.
e. Alat transportasi laut dan darat menggunakan minyak bumi sebagai bahan bakar.
JAWABAN : D
47.  Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Truk yang bermuatan cukup sarat itu gagal mendaki tanjakan licin pada penyeberangan sungai. Hujan lebat sebelumnya menyebabkan kondisi jalan sangat berat untuk dilewati, sehingga truk terperosok mundur ke tengah sungai. Agar memudahkan pendakian tanjakan, maka Ayub, pengemudi truk, meminta para penumpangnya turun. Dia bahkan mengingatkan kemungkinan terjadinya banjir bandang dari sebelah hulu. Akan tetapi, para penumpang menolak permintaan itu.
Ide pokok paragraf di atas adalah…
a. Truk gagal mendaki tanjakan licin.
b. Truk terperosok mundur ke tengah sungai.
c. Pengemudi truk meminta agar penumpang turun.
d. Supir mengingatkan kemungkinan terjadinya banjir bandang.
e. Penumpang menolak permintaan supir.
JAWABAN : A
48.   (1) Dengarkan angin mengusir batang-batang padi.
(2) Sebelum matahari terbenam.
(3) Dengarkan senandung di balik jendela.
(4) Rumah kecil, bukanlah pintu pagarku
(5) Angin datang mengantarkan berita Berdasarkan puisi tersebut larik yang bermajas sama dintadai dengan nomor …..
a. (1) dan (2) c. (1) dan (2)
b. (1) dan (3) d. (1) dan (5)
JAWABAN : D
49.  Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
Jumlah angkatan kerja yang meningkat setiap tahun merupakan keuntungan sekaligus sebagai tantangan bagi pemerintah dan bangsa Indonesia dalam melaksanakan pembangunan nasional. Menurut pendapat para ahli bahwa manusia sebagai sumber potensial merupakan salah satu modal dasar pembangunan, yaitu sebagai motor penggerak dalam mekanisme kerja dalam proses produksi, serta sebagai sasaran dan hasil produksi itu sendiri.Opini (pendapat) yang terdapat dalam paragraf diatas adalah …
a. Jumlah angkatan kerja yang meningkat.
b. Setiap tahun merupakan keinginan dan sekaligus sebagai tantangan.
c. Melaksanakan pembangunan nasional.
d. Manusia sebagai sumber potensi merupakan salah satu modal dasar pembangunan.
e. Sebagai sasaran dan hasil produksi itu sendiri.
50.  Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Faktor utama untuk bersaing adalah SDM yang sekaligus sebagai subjek dalam berproduksi. SDM perusahaan atau industri harus memiliki kemampuan teknis profesional dan adaptif. Kemampuan teknis profesional adalah keahlian menghasilkan barang dan jasa dengan sarana teknologi yang memadai. Kemampuan adaptif adalah kesanggupan SDM untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan alam, sosial, dan lingkungan kerja, disiplin dan niai-nilai dalam perusahaan itu sendiri. Dengan kata lain, mereka harus memiliki kemampuan normatif.
Penalaran yang terkandung dalam paragraf di atas adalah …
a. Deduktif
b. Induktif
c. Deduktif – induktif
d. Sebab – akibat
e. Generalisasi





Tidak ada komentar:

Posting Komentar